KEISTIMEWAAN & MUKJIZAT AL-QUR’AN (1)*

Al-Qurân adalah pilihan Allah untuk seluruh hamba-Nya

Allah Taala adalah pengatur (rabb) yang mengatur hamba-hamba-Nya dan mengurus mereka. Dia yang memberikan bantuan dengan semua bentuk bantuan yang diperlukan hamba-hamba tersebut, semisal makanan, minuman, undara, keamanan dan pemeliharaan. Dia-lah yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada-(tempat tumbuh)-nya kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan (An-Nahl: 10-11).

Rabb Yang Mahaagung ini menyintai seluruh hamba-Nya, menginginkan kebaikan dan keberhasilan mereka dalam ujian, yang mereka turun ke bumi karena untuk melaksanakan ujian ini. Dia menginginkan seluruh hamba-Nya masuk ke dalam surga. … sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya (Al-Baqarah: 221).

Bagaimana tidak begitu, orang Dia telah mengistimewakan manusia untuk Diri-Nya dan memuliakan manusia melebihi seluruh ciptaan-Nya.Dan sungguh Kami telah memuliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan (Al-Isrâ’: 70).

Dan karena Dia Yang Mahasuci yang telah menciptakan manusia, sehingga Dia jauh lebih tahu tentang manusia dibanding manusia itu sendiri. Tidakkah Dia yang menciptakan itu mengetahui, padahal Dia Mahahalus lagi Maha Mengetahui? (Al-Mulk: 14). Maka Dia pun telah mengetahui kebutuhan manusia akan obat yang mampu menyembuhkan; obat yang akan memperlihatkan manusia pada jalan petunjuk; yang akan membangkitkan kekuatan serta tekad manusia untuk menempuh jalan ini. Sehingga Dia pun telah menyiapkan obat khusus yang sesuai dengan kondisi manusia hingga datangnya hari kiamat. Obat itu adalah Al-Qur’ân yang: Diturunkan dari Dzat Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (Fushshilat: 2).

Suatu hal yang menarik perhatian adalah terdapat banyak ayat Al-Qur’ân yang menegaskan makna ini dan memberitahukan kepada kita bahwa Al-Qur’ân “Diturunkan dari Rabb-nya seluruh semesta”.

Rabb seluruh semestalah yang mengurus seluruh umat manusia, dan Dia yang telah menurunkan Al-Qur’ânnya.

Maka, Al-Qur’ân adalah pilihan Allah untuk seluruh hamba-Nya,Wahai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu nasihat, penyembuh penyakit-penyakit di dalam dada, petunjuk, dan rahmat dari Rabb-mu untuk orang-orang yang mukmin (Yûnus: 57).

Dia Yang Mahatahu dan Yang Mahakuasa telah menjadikan kunci-kunci bagi setiap hal yang tertutup dan kesembuhan bagi setiap penyakit. Dan dari Al-Quran Kami menurunkan apa-apa yang menjadi penyembuh dan rahmat bagi orang-orang beriman (Al-Isrâ’: 82);Sesungguhnya Al-Qur’ân ini menunjukkan pada yang lebih lurus (Al-Isrâ’: 9).

Akan tetapi kemanusiaan ini tak mau mengembalikan alat kepada Pembuat-nya, atau membawa orang sakit kepada Penyembuhnya. Juga tidak menanyakan keadaan dirinya, keadaan kemanusiaannya, keadaan kebahagiaannya atau penderitaannya seperti yang sering ia tanyakan mengenai perabotan dan peralatan material murah yang biasa digunakannya dalam kebutuhan-kebutuhan sepele sehari-hari. Orang itu tahu bahwa untuk memperbaiki perabotan ia perlu mendatangkan insinyur pabrik pembuat perabotan, akan tetapi orang itu tak menerapkan kaidah ini pada dirinya—sehingga mau mengembalikan diri kepada pabrik yang membuatnya; atau meminta arahan Sang Pembuat yang telah mencipta perabot kemanusiaan yang agung, mulia, rumit dan lembut ini. Tak ada yang mengetahui saluran-saluran dan jalan masuk perabotan yang rumit, kecuali yang telah menciptakan dan mengembangkannya. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati. Tidakkah Dia yang menciptakan itu mengetahui, padahal Dia Mahahalus lagi Maha Mengetahui?! (Al-Mulk: 13-14).

***

* tulisan ini saya sunting dari salah satu buku ang telah saya terjemahkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s